Kamis, 03 Juli 2014

PERUBAHAN IKLIM


    Terjadinya perubahan iklim :
    • Sinar matahari yang masuk ke bumi, sebagian akan dipantulkan kembali oleh permukaan bumi ke angkasa.  Sebagian sinar matahari yang dipantulkan itu akan diserap oleh gas-gas di atmosfer yang menyelimuti bumi yang sering disebut gas rumah kaca (GRK), sehingga sinar (panas) tersebut terperangkap dalam bumi. 
    • Peristiwa ini dikenal dengan efek rumah kaca (ERK), karena peristiwanya sama dengan rumah kaca, dimana panas yang masuk akan terperangkap didalamnya, tidak dapat menembus ke luar kaca, sehingga menghangatkan seisi rumah kaca tersebut.
    • Kondisi ini yang menyebabkan bumi menjadi hangat dan layak ditempati manusia, karena jika tidak ada ERK maka suhu permukaan bumi akan sangat dingin. 
    • GRK yang berada di atmosfer dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia terutama yang berhubungan dengan pembakaran bahan bakar fosil (minyak, gas, dan batubara).  Untuk lebih jelasnya lihat postingan tentang “Gas Rumah Kaca”.
    • Selain itu, GRK juga dihasilkan dari pembakaran dan penggundulan hutan serta aktivitas pertanian dan peternakan.  GRK yang dihasilkan dari kegiatan tersebut seperti karbon dioksida, metana, dan nitrogen oksida menyebabkan meningkatnya konsentrasi GRK di atmosfer.
    • Berubahnya komposisi GRK di atmosfer, yaitu meningkatnya konsentrasi GRK secara global akibat kegiatan manusia tersebut, menyebabkan sinar matahari yang dipantulkan kembali oleh permukaan bumi ke angkasa, sebagian besar terperangkap di dalam atmosfer bumi akibat terhambat (terserap) oleh GRK tadi.
    • Hal ini menyebabkan meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi, yang kemudian dikenal dengan pemanasan global, yang membawa dampak terjadinya perubahan iklim yang mempengaruhi kehidupan di bumi, melalui adanya perubahan musim secara ekstrim.  Contohnya musim kemarau yang berkepanjangan yang menyebabkan kekeringan dan kemudian diikuti dengan intensitas curah hujan yang menyebabkan banjir.
    • Perubahan iklim juga menyebabkan terjadinya kenaikan permukaan air laut akibat mencairnya es dan gletser (glasier) di kutub, meningkatnya frekuensi kebakaran, meningkatnya penyebaran penyakit tropis (seperti malaria, demam berdarah, dll).

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar